Sabtu, 07 Januari 2012

lompat jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh

by on December 2, 2011
http://multiply.com/mu/cameralucida/image/12/photos/18/500x500/10/12-090807-hermitianta-PORPROV-Atletik-Final-Lompat-Jauh-KP-Antonius-Dhimas-A.jpg?et=a8B2yy2q8gZcpTo6D2gPCw&nmid=281429729
Lompat jauh adalah hasil dari kecepatan horizontal yang dibuat sewaktu awalan dengan daya vertikal yang dihasilkan dari kekuatan kaki menolak. Teknik dasar lompat jauh adalah teknik untuk meraih kecepatan awalan yang setinggi-tingginya sambil tetap mampu melakukan tolakan yang kuat ke atas dengan satu kaki untuk meraih ketinggian saat melayang yang memadai sehingga dapat menghasilkan jarak lompatan.
Keseluruhan dalam teknik dasar lompat jauh dibagi ke dalam awalan, tolakan, melayang di udara, dan mendarat di bak pasir, untuk lebih jelaskan akan dijelaskan sebagai berikut :
  1. Awalan.Teknik dasar lompat jauh menggunakan awalan dilakukan dengan berlari yang kian lama kian mendekati kecepatan maksimal, namun masih tetap terkendali untuk melakukan tolakan. tujuannya adalah meraih kecepatan maksimal yang terkendali untuk melakukan tolakan yang sekuat-kuatnya. Frekuensi dan panjang langkah lari awalan makin meningkat sampai persiapan melakukan tolakan, sementara itu badan pelompat semakin tegak.
  2. Tolakan. Tolakan dilakukan sebagai tahap pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tolakan yang sekuat-kuatnya agar dapat mengangkat titik berat badan setingggi-tingginya. Seluruh telapak kaki bergulir ke depan, kaki tolak sedikit dibengkokkan dan susul oleh gerakan kaki ayun, lengan diayun tinggi ke depan berlawanan dengan gerak kaki sehingga menunjang terhadap gerak kaki lepas.
  3. Mendarat. Mendarat harus dilakukan dengan cara-cara yang tidak menjadi penyebab pendaratan yang merugikan. untuk itu sewaktu kaki menyentuh pasir, kepala ditundukkan dan lengan diayunkan ke depan membawa pinggang ke depan melewati titik berat badan dan bahkan kalau mungkin membawa titik berat badan melewati titik pendaratan di pasir sehingga tidak melakukan pendaratan yang dapat merugikan pelompat.
  4. Melayang di udara. Teknik dasar lompat jauh dengan melayang di udara mempunyai beberapa gaya yaitu gaya lengkah, gaya menggantung, dan gaya jalan di udara. tapi sebenarnya ada sasaran pokok yang terdapat pada teknik melayang di udara diantaranya :
  • Memelihara keseimbangan badan saat melayang
  • Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin
  • Mengusahakan melayang di udara selam mungkin
  • Menyiapkan letak kaki dalam posisi yang menguntungkan pada waktu mendarat, yaitu dengan cara menjulurkan kaki ke depan.

Lompat jauh

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Jumper panjang di GE Money Grand Prix Helsinki , Juli 2005.
Indikator arah angin dan perangkat untuk mengukur kecepatan angin (di sini 2,6 m / s) sepanjang jalur run-up.
Lompat jauh adalah trek dan lapangan peristiwa di mana atlet menggabungkan kecepatan, kekuatan, dan ketangkasan dalam upaya untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas. Acara ini telah menjadi acara medali Olimpiade sejak Olimpiade modern pertama pada tahun 1896 dan memiliki sejarah dalam Olimpiade kuno.

Isi

 [hide

[ sunting ] Aturan

Pada tingkat elit, pesaing lari ke bawah landasan pacu (biasanya dilapisi dengan sama permukaan karet sebagai trek lari, karet remah juga divulkanisir karet ) dan melompat sejauh yang mereka dapat dari papan kayu 20 cm / 8 inci lebar yang dibangun flush dengan landasan ke dalam lubang diisi dengan kerikil halus atau pasir tanah. Jika pesaing mulai lompatan dengan setiap bagian dari kaki melewati garis busuk, melompat dinyatakan busuk dan tidak ada jarak dicatat. Sebuah lapisan plasticine ditempatkan segera setelah dewan untuk mendeteksi kejadian ini. Seorang pejabat (mirip dengan wasit ) juga akan menonton melompat dan membuat tekad. Pesaing dapat memulai melompat dari setiap titik di belakang garis busuk, namun jarak yang diukur akan selalu tegak lurus terhadap garis busuk untuk istirahat terdekat di pasir disebabkan oleh setiap bagian dari tubuh atau seragam. Oleh karena itu, adalah demi kepentingan terbaik dari pesaing untuk mendapatkan sebagai dekat dengan garis busuk mungkin. Pesaing diperbolehkan untuk menempatkan dua tanda di sepanjang sisi landasan untuk membantu mereka untuk melompat secara akurat. Pada lebih rendah bertemu dan fasilitas, plasticine kemungkinan akan tidak ada, landasan pacu mungkin permukaan yang berbeda atau jumper dapat memulai melompat mereka dari tanda dicat atau ditempel di landasan.
Setiap pesaing memiliki sejumlah set upaya. Itu biasanya akan tiga percobaan, dengan tiga lompatan tambahan yang diberikan kepada 8 terbaik atau 9 (tergantung pada jumlah jalur di trek di fasilitas itu, sehingga acara ini equatable untuk melacak peristiwa) pesaing. Semua tanda hukum akan disimpan tapi hanya menghitung melompat terpanjang hukum terhadap hasil. Pesaing dengan melompat hukum terpanjang (baik dari percobaan atau putaran akhir) pada akhir kompetisi dinyatakan sebagai pemenang. Dalam hal dasi yang tepat, kemudian membandingkan melompat terbaik berikutnya dari pesaing terikat akan digunakan untuk menentukan tempat. Dalam elit, besar multi-hari (seperti Olimpiade atau Kejuaraan Dunia ) kompetisi, sejumlah set pesaing akan maju ke babak final, ditentukan terlebih dahulu oleh manajemen bertemu. Satu set dari 3 melompat sidang putaran akan diselenggarakan dalam rangka untuk memilih orang finalis. Ini adalah praktek standar untuk memungkinkan minimal, satu pesaing lebih dari jumlah skor posisi untuk kembali ke babak final, meskipun 12 ikatan plus dan jarak kualifikasi otomatis juga faktor-faktor potensial. (Untuk aturan tertentu dan peraturan di Amerika Serikat Melacak & Lapangan lihat Aturan 185 [1] ).

[ sunting ] Sejarah

Halteres digunakan dalam permainan atletik di Yunani kuno.
Berdiri lompat jauh , detil dari halaman dari Chronik Luzerner dari 1513.
Lompat jauh adalah salah satu peristiwa pancalomba asli dari Olimpiade di Yunani Kuno. Lompat jauh adalah satu-satunya peristiwa melompat dikenal dalam Olimpiade Kuno. Semua peristiwa yang terjadi di Olimpiade awalnya seharusnya bertindak sebagai bentuk pelatihan untuk perang. Lompat jauh muncul mungkin karena mencerminkan melintasi rintangan seperti sungai dan jurang. [2] Setelah menyelidiki penggambaran yang bertahan dari acara kuno diyakini bahwa tidak seperti acara modern, atlet hanya diperbolehkan mulai berjalan singkat. [ 2] Para atlet berbobot di masing-masing tangan, yang disebut halteres (antara 1 dan 4,5 kg). Bobot yang berayun ke depan sebagai atlet melompat dalam rangka meningkatkan momentum. Hal ini umumnya percaya bahwa jumper akan melemparkan beban di belakangnya di udara untuk meningkatkan momentum ke depan nya, namun, halteres diadakan sepanjang durasi melompat. Berayun mereka turun dan kembali pada akhir dari melompat akan mengubah pusat gravitasi atlet dan memungkinkan atlet untuk meregangkan kakinya keluar, meningkatkan jarak. Lompatan itu sendiri dibuat dari bater ("apa yang menginjak"). Ini kemungkinan besar papan sederhana ditempatkan di jalur stadion yang telah dihapus setelah peristiwa (Miller, 66). Jumper akan mendarat dalam apa yang disebut skamma ("menggali-up" daerah) (Miller, 66). Ide bahwa ini adalah sebuah lubang penuh pasir yang salah. Pasir di lubang melompat adalah penemuan modern (Miller, 66). Para skamma hanyalah sementara wilayah digali untuk kesempatan itu dan bukan sesuatu yang tetap dari waktu ke waktu. Lompat jauh dianggap salah satu yang paling sulit dari acara yang diadakan di Olimpiade sejak banyak keterampilan yang diperlukan. Musik sering dimainkan selama melompat dan Philostratus mengatakan bahwa pipa pada waktu akan menemani melompat sehingga memberikan ritme untuk gerakan kompleks dari halteres oleh atlet. [2] Philostratos dikutip mengatakan, "Aturan menganggap melompat sebagai yang paling sulit dari kompetisi, dan mereka mengijinkan jumper untuk diberikan keuntungan dalam irama dengan menggunakan suling, dan berat badan dengan menggunakan halter itu. " (Miller, 67). Paling menonjol dalam olahraga kuno adalah seorang pria bernama Chionis , yang pada Olimpiade 656BC mengadakan lompatan 7,05 meter (23 kaki dan 1,7 inci). [3]
Ada beberapa argumen yang oleh para sarjana modern pada lompat jauh. Beberapa telah mencoba untuk menciptakan itu sebagai lompat ganda. Gambar memberikan bukti hanya untuk tindakan sehingga lebih diterima dengan baik itu seperti lompat jauh hari ini. Alasan utama beberapa ingin menyebutnya lompat ganda adalah adanya sumber yang mengklaim sana sekali adalah lima puluh lima kaki melompat kuno dilakukan oleh seorang pria bernama Phayllos (Miller, 68).
Lompat jauh telah menjadi bagian modern Olimpiade kompetisi sejak dimulainya Olimpiade pada 1896. Pada tahun 1914, Dr Harry Eaton Stewart merekomendasikan "melompat luas menjalankan" sebagai lagu standar dan acara lapangan bagi perempuan. [4] Namun, tidak sampai 1928 yang lompat jauh perempuan ditambahkan ke Program atletik Olimpiade .

[ sunting ] Catatan

Lompat jauh adalah penting untuk beberapa terpanjang-berdiri rekor dunia dalam setiap lagu dan acara lapangan. Pada tahun 1935, Jesse Owens menetapkan rekor dunia lompat jauh dari 8.13m (26 kaki 8 inci) yang tidak rusak selama 25 tahun, sampai tahun 1960 oleh Ralph Boston . Pada tahun 1968, Bob Beamon melompat 8,90 meter (29 kaki, 2 ½ inci) di Olimpiade 1968 pada ketinggian 7.349 kaki (2.240 m), lompatan tidak terlampaui selama 23 tahun lebih, pada tahun 1991. Pada tanggal 30 Agustus tahun itu, Mike Powell dari Amerika Serikat, dalam sebuah acara terkenal turun terhadap Carl Lewis, melompat 8,95 m (29,4 kaki) di Kejuaraan Dunia di Tokyo, menetapkan rekor dunia laki-laki saat ini yang sekarang berdiri untuk lebih dari 20 tahun.
Beberapa melompati 8,95 m (29,4 kaki) telah resmi tercatat (8,99 m/29.5 kaki oleh Mike Powell sendiri (angin-dibantu 4,4) ditetapkan pada ketinggian tinggi di Sestriere , Italia pada tahun 1992, 8,96 m/29.4 ft oleh Iván Pedroso ) , [5] tetapi tidak divalidasi karena ada baik ada pengukuran kecepatan angin dapat diandalkan tersedia, atau karena melebihi kecepatan angin 2,0 m / s. Lewis sendiri melompat 8.91m saat sebelum memecahkan rekor melompat Powell dengan angin melebihi maksimum yang diizinkan; melompat ini tetap terpanjang pernah menang Olimpiade atau World Championship emas. Rekor dunia saat ini dipegang oleh perempuan Galina Chistyakova dari mantan Uni Soviet yang melompat 7,53 m (24,7 kaki) di Leningrad pada tahun 1988.

[ sunting ] Teknik

Ada empat komponen utama dari lompat jauh: menjalankan pendekatan dua langkah terakhir, lepas landas dan tindakan di udara, dan mendarat. Kecepatan di atas run-, atau pendekatan, dan lompatan tinggi dari papan adalah dasar-dasar kesuksesan. Karena kecepatan adalah faktor penting seperti pendekatan, tidaklah mengherankan bahwa banyak juga jumper lama bersaing dengan sukses di sprint. Sebuah contoh klasik dari dua kali lipat melompat / lari panjang pertunjukan oleh Carl Lewis .

[ sunting ] Pendekatan

Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk secara bertahap mempercepat ke kecepatan dikendalikan maksimum pada lepas landas. Faktor yang paling penting untuk jarak yang ditempuh oleh sebuah benda yang kecepatan di lepas landas - baik kecepatan dan sudut. Elite jumper biasanya meninggalkan tanah pada sudut dua puluh derajat atau kurang, karena itu, lebih bermanfaat untuk jumper untuk fokus pada komponen kecepatan melompat. Semakin besar kecepatan lepas landas, semakin lama lintasan pusat massa akan. Pentingnya kecepatan lepas landas adalah faktor dalam keberhasilan pelari dalam acara ini.
Panjang pendekatan biasanya jarak konsisten untuk seorang atlet. Pendekatan dapat bervariasi antara 12 dan 19 langkah pada tingkat pemula dan menengah, sementara di tingkat elit mereka lebih dekat dengan antara 20 dan 22 langkah. Jarak yang tepat dan jumlah langkah dalam pendekatan tergantung pada pengalaman jumper, teknik berlari, dan tingkat pengkondisian. Konsistensi dalam pendekatan ini penting karena merupakan tujuan pesaing untuk mendapatkan sebagai dekat dengan bagian depan papan takeoff mungkin tanpa melintasi garis dengan setiap bagian dari kaki.
Pendekatan yang tidak konsisten adalah masalah umum dalam acara tersebut. Akibatnya pendekatan ini biasanya dilakukan oleh atlet sekitar 6-8 kali per sesi melompat (lihat Pelatihan bawah).

[ sunting ] Dua yang terakhir langkah

Tujuan dari dua langkah terakhir adalah untuk mempersiapkan tubuh untuk lepas landas sambil melestarikan sebagai kecepatan sebanyak mungkin.
Yang kedua dari belakang (kedua dari terakhir) langkah lebih panjang dari langkah terakhir. Pesaing mulai untuk menurunkan pusat nya gravitasi untuk mempersiapkan tubuh untuk impuls vertikal. Para langkah terakhir adalah lebih pendek karena tubuh mulai meningkatkan pusat gravitasi dalam persiapan untuk tinggal landas.
Dua yang terakhir langkah sangat penting karena mereka menentukan kecepatan dengan yang pesaing akan memasuki melompat; semakin besar kecepatan, semakin baik melompat.

[ sunting ] Lepas landas

Tujuan dari lepas landas adalah untuk menciptakan dorongan vertikal melalui pusat gravitasi atlet dengan tetap menjaga keseimbangan dan kontrol.
Fase ini adalah salah satu bagian yang paling teknis dari lompat jauh. Jumper harus sadar untuk menempatkan kaki datar di tanah, karena melompat baik tumit atau jari kaki negatif mempengaruhi lompat. Lepas landas dari papan tumit-pertama memiliki efek pengereman, yang mengurangi kecepatan dan strain sendi. Melompat dari jari-jari kaki berkurang stabilitas, menempatkan kaki pada risiko tekuk atau runtuh dari bawah jumper. Sementara berkonsentrasi pada penempatan kaki, atlet juga harus bekerja untuk mempertahankan posisi tubuh yang tepat, menjaga batang tubuh tegak dan bergerak maju pinggul dan sampai mencapai jarak maksimum dari kontak papan untuk melepaskan kaki.
Ada empat gaya utama lepas landas: gaya menendang, lengan ganda gaya, lepas landas berlari, dan sprint kekuasaan atau lepas landas melompat-lompat.

[ sunting ] Jurus

Lepas landas gaya tendangan gaya lepas landas di mana atlet aktif siklus kaki sebelum dorongan penuh telah diarahkan ke papan kemudian mendarat ke dalam lubang. Ini membutuhkan kekuatan besar di hamstrings.This menyebabkan jumper untuk melompat ke jarak yang besar

[ sunting ] Double-lengan

Gaya ganda-lengan lepas landas bekerja dengan menggerakkan kedua lengan dalam arah vertikal sebagai pesaing lepas landas. Ini menghasilkan ketinggian pinggul tinggi dan dorongan vertikal yang besar.

[ sunting ] Sprint

Berlari lepas landas adalah gaya yang paling luas diinstruksikan oleh staf pelatih. Ini adalah tindakan kelompok tunggal klasik yang menyerupai jumper dengan tenang penuh. Ini adalah gaya lepas landas efisien untuk mempertahankan kecepatan melalui lepas landas.

[ sunting ] Daya berlari atau melompat-lompat

Lepas landas kekuatan sprint, atau melompat-lompat lepas landas, ini bisa dibilang salah satu gaya paling efektif [. siapa? ] Sangat mirip dengan gaya berlari, tubuh menyerupai pelari dengan tenang penuh. Namun, ada satu perbedaan utama. Lengan yang mendorong kembali lepas landas (lengan pada sisi kaki lepas landas) sepenuhnya meluas mundur, bukan yang tersisa di posisi membungkuk. Ekstensi tambahan meningkatkan impuls di lepas landas.
Yang "benar" lepas landas gaya akan bervariasi dari atlet untuk atlet

[ sunting ] Aksi di udara dan mendarat

Ada tiga teknik penerbangan utama untuk lompat jauh: menggantung, berlayar, dan halangan-tendangan. Setiap teknik adalah untuk memerangi rotasi maju berpengalaman dari take-off tetapi pada dasarnya turun ke preferensi dari atlet. Penting untuk dicatat bahwa setelah tubuh adalah udara, tidak ada yang atlet dapat lakukan untuk mengubah arah mereka bepergian dan akibatnya di mana mereka akan mendarat di pit. Namun, dapat dikatakan bahwa teknik-teknik tertentu mempengaruhi arahan seorang atlet, yang dapat berdampak pada jarak yang diukur. Sebagai contoh, jika seorang atlet tanah kaki pertama, tetapi jatuh kembali karena mereka tidak benar seimbang, jarak yang lebih rendah akan diukur.

[ sunting ] Pelatihan

Lompat jauh biasanya membutuhkan pelatihan dalam berbagai bidang. Daerah ini termasuk, namun tidak terbatas pada, mereka di bawah terdaftar.

[ sunting ] Melompat

Pelompat lama cenderung untuk berlatih melompat 1-2 kali seminggu. Pendekatan, atau run-through, diulang kadang sampai 6-8 kali per sesi.

[ sunting ] Over-lari jarak jauh

Lebih dari jarak jauh berjalan latihan membantu atlet lompat jarak lebih jauh dari tujuan yang ditetapkan mereka. Sebagai contoh, setelah sebuah praktek pelari 100m dengan menjalankan mengulangi 200m di trek. Ini secara khusus terkonsentrasi di musim ketika atlet bekerja pada membangun daya tahan tubuh . Spesifik atas jarak latihan berjalan dilakukan 1-2 kali seminggu. Ini bagus untuk membangun daya tahan lari, yang dibutuhkan dalam kompetisi di mana atlet yang berlari di landasan 3-6 kali.

[ sunting ] pelatihan Berat

Selama latihan pra-musim dan awal dalam pelatihan musim kompetisi berat badan cenderung untuk memainkan peran utama dalam olahraga. Ini adalah adat untuk jumper panjang untuk melatih berat badan sampai 4 kali seminggu, dengan fokus terutama pada gerakan cepat yang melibatkan kaki dan bagasi. Beberapa atlet Olimpiade tampil lift pelatihan. Atlet menggunakan pengulangan rendah dan menekankan kecepatan untuk memaksimalkan meningkatkan kekuatan dan meminimalkan menambahkan berat tambahan ke frame mereka.

[ sunting ] Plyometrics

Plyometrics , termasuk menjalankan naik turun tangga dan melompat-lompat rintangan, dapat dimasukkan ke dalam latihan, umumnya dua kali seminggu. Hal ini memungkinkan atlet untuk bekerja pada kelincahan dan meledak-ledak.

[ sunting ] Batas

Batas adalah apapun melompat terus menerus atau melompat. Batas latihan biasanya membutuhkan kaki tunggal berlari, melompat-lompat ganda-kaki, atau beberapa variasi dari dua. Fokus latihan loncat biasanya untuk menghabiskan waktu kurang pada tanah mungkin dan bekerja pada akurasi teknis, fluiditas, dan daya tahan dan kekuatan melompat. Secara teknis, melompat-lompat merupakan bagian dari plyometrics, sebagai bentuk latihan berjalan seperti lutut tinggi dan tendangan pantat.

[ sunting ] Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah alat yang sering terlupakan untuk jumper panjang. Fleksibilitas yang efektif mencegah cedera, yang dapat menjadi penting untuk acara dampak tinggi seperti lompat jauh. Hal ini juga membantu atlet sprint di landasan pacu.
Sebuah alat yang umum dalam lompat jauh banyak latihan adalah penggunaan rekaman video yang . Hal ini memungkinkan atlet untuk kembali dan menonton kemajuan mereka sendiri serta membiarkan atlet membandingkan rekaman mereka sendiri dengan beberapa jumper kelas dunia.
Pelatihan gaya, durasi, dan intensitas bervariasi sangat besar dari atlet untuk atlet dan didasarkan pada pengalaman dan kekuatan atlet serta pembinaan pada gaya mereka.

[ sunting ] Dunia catatan perkembangan

Perkembangan rekor dunia untuk Long Jump.

[ sunting ] Pria

Yang pertama rekor dunia dalam lompat jauh pria itu diakui oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik pada tahun 1912. [6] Rekor perdana adalah 7,61 m Peter O'Connor lompatan dari 1901. Sampai saat O'Connor, Jesse Owens , Bob Beamon dan Mike Powell masing-masing telah memegang rekor dunia selama lebih dari 20 tahun. Dalam waktu yang sama, telah terjadi hampir 20 tahun ketika salah satu dari empat pria tidak memegang rekor dunia. Catatan: rekor dunia wanita saat ini adalah tiga tahun lebih tua dari rekor dunia laki-laki saat ini.
Sampai Juni 21, 2011, 18 rekor dunia telah diratifikasi oleh IAAF dalam acara tersebut. [6]
Mark Angin Atlet Tempat Tanggal
7,61 m (24 ft 11 5 / 8) Peter O'Connor ( IRL ) * Dublin 1901/08/05 [6]
7,69 m (25 ft 2 3 / 4 in) Edward Gourdin ( USA ) Cambridge 1923/07/23 [6]
7,76 m (25 ft 5 1 / 2 in) Robert Legendre ( USA ) Paris 1924/07/07 [6]
7,89 m (25 ft 10 5 / 8) DeHart Hubbard ( USA ) Chicago 1925/06/13 [6]
7,90 m (25 ft 11 in) Edward Hamm ( Amerika Serikat ) Cambridge 1928/07/07 [6]
7,93 m (26 ft 3 / 16 in) 0.0 m / s Sylvio Cator ( HAI ) Paris 1928/09/09 [6]
7,98 m (26 ft 2 3 / 16) 0,5 m / s Chuhei Nambu ( JPN ) Tokyo 1931/10/27 [6]
8.13 m (26 ft 8 1 / 16) 1,5 m / s Jesse Owens ( USA ) Ann Arbor 1935/05/25 [6]
8.21 m (26 ft 11 1 / 4) 0.0 m / s Ralph Boston ( USA ) Buah kenari 1960/08/12 [6]
8,24 m (27 ft 7 / 16 in) 1,8 m / s Ralph Boston ( USA ) Modesto 1961/05/27 [6]
8,28 m (27 ft 2 in) 1,2 m / s Ralph Boston ( USA ) Moskow 1961/07/16 [6]
8,31 m (27 ft 3 3 / ​​16) -0,1 M / s Igor Ter-Ovanesyan ( URS ) Yerevan 1962/06/10 [6]
8,31 m (27 ft 3 3 / ​​16) 0.0 m / s Ralph Boston ( USA ) Kingston 1964/08/15 [6]
8,34 m (27 ft 4 3 / 8) 1,0 m / s Ralph Boston ( USA ) Los Angeles 1964/09/12 [6]
8,35 m (27 ft 4 3 / 4) 0.0 m / s Ralph Boston ( USA ) Modesto 1965/05/29 [6]
8,35 m (27 ft 4 3 / 4) 0.0 m / s Igor Ter-Ovanesyan ( URS ) Mexico City 1967/10/19 [6]
8.90 m (29 ft 2 3 / 8 in) 2,0 m / s Bob Beamon ( USA ) Mexico City 1968/10/18 [6]
8,95 m (29 ft 4 3 / 8) 0,3 m / s Mike Powell ( USA ) Tokyo 1991/08/30 [6]
* Irlandia pada tahun 1901 masih menjadi bagian dari Britania Raya , namun O'Connor menganggap dirinya Irlandia dan bersaing pada kesempatan ini sebagai anggota Asosiasi Atletik Amatir Irlandia. Dalam sumber di atas ia terdaftar sebagai "GBI / IRL".
  • Pada 24 Juli 1960 Manfred Steinbach ( FRG ) melompat 8,14 m tetapi dengan tidak ada angin-membaca. [7]
  • Pada 29 Juli 1995 Iván Pedroso ( Cub ) melompat 8,96 m tetapi validitas pembacaan angin diperselisihkan. [8]

[ sunting ] Wanita

Yang pertama rekor dunia dalam lompat jauh perempuan diakui oleh Federation Internationale Sportif Feminine (FSFI) pada tahun 1922. [9] Para FSFI diserap oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik pada tahun 1936.
Sampai Juni 21, 2011, IAAF (dan FSFI sebelum itu) telah meratifikasi 36 rekor dunia dalam acara tersebut. [9]
Mark Angin Atlet Tempat Tanggal
5.16 m (16 ft 11 1 / 8) Marie Mejzlikova II ( TCH ) Praha 1922/08/06 [9]
5,30 m (17 ft 4 11 / 16) Marie Mejzlikova II ( TCH ) Praha 1923/09/23 [9]
5,485 m (17 ft 11 15 / 16) Muriel Gunn ( GBR ) London 1926/08/02 [9]
5,50 m (18 ft 9 / 16 di) Kinue Hitomi ( JPN ) Gothenburg 1926/08/28 [9]
5,575 m (18 ft 3 1 / 2 in) Muriel Gunn ( GBR ) London 1927/08/01 [9]
5,98 m (19 ft 7 7 / 16) Kinue Hitomi ( JPN ) Osaka 1928/05/20 [9]
6.12 m (20 ft 15 / 16 in) Christel Schultz ( Jerman ) Berlin 1939/07/30 [9]
6,25 m (20 ft 6 1 / 16) Francina selimut-Koen ( NED ) Leiden 1943/09/19 [9]
6,28 m (20 ft 7 1 / 4) 0,2 m / s Yvette Williams ( NZL ) Gisborne 1954/02/20 [9]
6,28 m (20 ft 7 1 / 4) 1,3 m / s Galina Vinogradova ( URS ) Moskow 1955/09/11 [9]
6,31 m (20 ft 8 7 / 16) 0,5 m / s Galina Vinogradova ( URS ) Tbilisi 1955/11/18 [9]
6,35 m (20 ft 10 in) 1,0 m / s Elzbieta Krzesińska ( POL ) Budapest 1956/08/20 [9]
6,35 m (20 ft 10 in) Elzbieta Krzesińska ( POL ) Melbourne 1956/11/27 [9]
6,40 m (20 ft 11 15 / 16) 0.0 m / s Hildrun Claus ( GDR ) Erfurt 1960/08/07 [9]
6,42 m (21 ft 3 / 4 in) 1,4 m / s Hildrun Claus ( GDR ) Berlin 1961/06/23 [9]
6.48 m (21 ft 3 1 / 8 in) -1,5 M / s Tatyana Shchelkanova ( URS ) Moskow 1961/07/16 [9]
6,53 m (21 ft 5 1 / 16) 1,5 m / s Tatyana Shchelkanova ( URS ) Leipzig 1962/06/10 [9]
6.70 m (21 ft 11 3 / 4) Tatyana Shchelkanova ( URS ) Moskow 1964/07/04 [9]
6,76 m (22 ft 2 1 / 8 in) -1,6 M / s Maria Rand ( GBR ) Tokyo 1964/10/14 [9]
6,82 m (22 ft 4 1 / 2 in) 0.0 m / s Viorica Viscopoleanu ( RoU ) Mexico City 1968/10/14 [9]
6,84 m (22 ft 5 5 / 16) 0.0 m / s Heide Rosendahl ( FRG ) Turin 1970/09/03 [9]
6,92 m (22 ft 8 7 / 16) 1,6 m / s Angela Voigt ( GDR ) Dresden 1976/05/09 [9]
6,99 m (22 ft 11 3 / 16) 2,0 m / s Siegrun Siegl ( GDR ) Dresden 1976/07/19 [9]
7,07 m (23 ft 2 3 / 8 in) 1,9 m / s Vilma Bardauskienė ( URS ) Kishinyov 1978/08/18 [9]
7,09 m (23 ft 3 1 / 8 in) 0.0 m / s Vilma Bardauskienė ( URS ) Praha 1978/08/29 [9]
7.15 m (23 ft 5 1 / 2 in) 0,3 m / s Anişoara Cuşmir ( RoU ) Bucharest 1982/08/01 [9]
7.20 m (23 ft 7 7 / 16) -0,3 M / s Valy Ionescu ( RoU ) Bucharest 1982/08/01 [9]
7.21 m (23 ft 7 7 / 8) 0,6 m / s Anişoara Cuşmir ( RoU ) Bucharest 1983/05/15 [9]
7.27 m (23 ft 10 1 / 4) 0,6 m / s Anişoara Cuşmir ( RoU ) Bucharest 1983/06/04 [9]
7,43 m (24 ft 4 1 / 2 in) 1,4 m / s Anişoara Cuşmir ( RoU ) Bucharest 1983/06/04 [9]
7,44 m (24 ft 4 15 / 16) 2,0 m / s Heike Drechsler ( GDR ) Berlin 1985/09/22 [9]
7.45 m (24 ft 5 5 / 16) 0,9 m / s Heike Drechsler ( GDR ) Tallinn 1986/06/21 [9]
7.45 m (24 ft 5 5 / 16) 1,1 m / s Heike Drechsler ( GDR ) Dresden 1986/07/03 [9]
7.45 m (24 ft 5 5 / 16) 0,6 m / s Jackie Joyner-Kersee ( USA ) Dresden 1987/08/13 [9]
7.45 m (24 ft 5 5 / 16) 1,0 m / s Galina Chistyakova ( URS ) Leningrad 1988/06/11 [9]
7,52 m (24 ft 8 1 / 16) 1,4 m / s Galina Chistyakova ( URS ) Leningrad 1988/06/11 [9]

Sumber: [10]

[ sunting ] Top sepuluh pemain

Akurat tanggal 2 September 2009.

[ sunting ] Pria

Mark * Angin ** Atlet Kebangsaan Tempat Tanggal
8,95 m (29 ft 4 3 / 8) 0.3 Mike Powell Amerika Serikat Tokyo 30 Agustus 1991
8.90 m (29 ft 2 3 / 8 in) A 2.0 Bob Beamon Amerika Serikat Mexico City 18 Oktober 1968
8,87 m (29 ft 1 3 / 16) -0.2 Carl Lewis Amerika Serikat Tokyo 30 Agustus 1991
8,86 m (29 ft 13 / 16 in) A 1.9 Robert Emmiyan Uni Soviet Tsakhkadzor 22 Mei 1987
8,74 m (28 ft 8 1 / 8 in) 1.4 Larry Myricks Amerika Serikat Indianapolis 18 Juli 1988
8,74 m (28 ft 8 1 / 8 in) A 2.0 Erick wälder Amerika Serikat El Paso April 2, 1994
8,74 m (28 ft 8 1 / 8 in) -1.2 Dwight Phillips Amerika Serikat Eugene 7 Juni 2009
8,73 m (28 ft 7 11 / 16) 1.2 Irving Saladino Panama Hengelo 24 Mei 2008
8,71 m (28 ft 6 15 / 16) 1.9 Iván Pedroso Kuba Salamanca 18 Juli 1995
8,66 m (28 ft 4 15 / 16) 1.6 Louis Tsátoumas Yunani Kalamata 2 Juni 2007
* (Meter), ** (meter / detik)
A = Ketinggian (di atas 1000 meter)
Sumber: [11]

[ sunting ] Wanita

Mark * Angin ** Atlet Kebangsaan Tempat Tanggal
7,52 m (24 ft 8 1 / 16) 1.4 Galina Chistyakova Uni Soviet Leningrad 11 Juni 1988
7.49 m (24 ft 6 7 / 8) 1.3 Jackie Joyner-Kersee Amerika Serikat New York 22 Mei 1994
7,48 m (24 ft 6 1 / 2 in) 1.2 Heike Drechsler Jerman Timur Neubrandenburg 9 Juli 1988
7,43 m (24 ft 4 1 / 2 in) 1.4 Anişoara Cuşmir Rumania Bucharest 4 Juni 1983
7,42 m (24 ft 4 1 / 8 in) 2.0 Tatyana Kotova Rusia Annecy 23 Juni 2002
7,39 m (24 ft 2 15 / 16) 0.5 Yelena Belevskaya Uni Soviet Bryansk 18 Juli 1987
7.37 m (24 ft 2 3 / 16) N / A Inessa Kravets Ukraina Kiev 13 Juni 1992
7,33 m (24 ft 9 / 16 di) 0.4 Tatyana Lebedeva Rusia Tula 31 Juli 2004
7,31 m (23 ft 11 13 / 16) 1.5 Olena Khlopotnova Uni Soviet Alma Ata September 12, 1985
7,31 m (23 ft 11 13 / 16) -0.1 Marion Jones Amerika Serikat Zürich 12 Agustus 1998
* (Meter), ** (meter / detik)
Sumber: [12]

[ sunting ] Best Performance Tahun

[ sunting ] Pria Terbaik Seasons (Outdoor)

Tahun Jarak Atlet Tempat
1960 8.21 m (26 ft 11 1 / 4) Ralph Boston ( USA ) Buah kenari
1961 8,28 m (27 ft 2 in) Ralph Boston ( USA ) Moskow
1962 8,31 m (27 ft 3 3 / ​​16) Igor Ter-Ovanesyan ( URS ) Yerevan
1963 8.20 m (26 ft 10 13 / 16) Ralph Boston ( USA ) Modesto
1964 8,34 m (27 ft 4 3 / 8) Ralph Boston ( USA ) Los Angeles
1965 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Ralph Boston ( USA ) Modesto
1966 8,23 m (27 ft 0 in) Igor Ter-Ovanesyan ( URS ) Leselidze
1967 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Igor Ter-Ovanesyan ( URS ) Mexico City
1968 8.90 m (29 ft 2 3 / 8 in) Bob Beamon ( USA ) Mexico City
1969 8.21 m (26 ft 11 1 / 4) Igor Ter-Ovanesyan ( URS )
Waldemar Stępień ( POL )
Odessa
Chorzow
1970 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Josef Schwarz ( FRG ) Stuttgart
1971 8.21 m (26 ft 11 1 / 4) Norman Tate ( USA ) El Paso
1972 8,23 m (27 ft 0 in) Randy Williams ( USA ) Munich
1973 8,24 m (27 ft 7 / 16 in) James McAlister ( USA ) Westwood
1974 8.30 m (27 ft 2 3 / 4 in) Arnie Robinson ( USA ) Modesto
1975 8.45 m (27 ft 8 11 / 16) Nenad Stekić ( Yug ) Montreal
1976 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Arnie Robinson ( USA ) Montreal
1977 8,27 m (27 ft 1 9 / 16) Nenad Stekić ( Yug ) Nova Gorica
1978 8,32 m (27 ft 3 9 / 16) Nenad Stekić ( Yug ) Rovereto
1979 8,52 m (27 ft 11 7 / 16) Larry Myricks ( USA ) Montreal
1980 8,54 m (28 ft 1 / 4 in) Lutz Dombrowski ( GDR ) Moskow
1981 8,62 m (28 ft 3 3 / ​​8 in) Carl Lewis ( AS ) Sacramento
1982 8,76 m (28 ft 8 7 / 8 in) Carl Lewis ( AS ) Indianapolis
1983 8,79 m (28 ft 10 1 / 16) Carl Lewis ( AS ) Indianapolis
1984 8,71 m (28 ft 6 15 / 16) Carl Lewis ( AS ) Westwood
1985 8,62 m (28 ft 3 3 / ​​8 in) Carl Lewis ( AS ) Brussels
1986 8,61 m (28 ft 3 in) Robert Emmiyan ( URS ) Moskow
1987 8,86 m (29 ft 13 / 16 in) Robert Emmiyan ( URS ) Tsakhkadzor
1988 8,76 m (28 ft 8 7 / 8 in) Carl Lewis ( AS ) Indianapolis
1989 8,70 m (28 ft 6 1 / 2 in) Larry Myricks ( USA ) Houston
1990 8,66 m (28 ft 4 15 / 16) Mike Powell ( USA ) Villeneuve d'Ascq
1991 8,95 m (29 ft 4 3 / 8) Mike Powell ( USA ) Tokyo
1992 8,68 m (28 ft 5 3 / 4) Carl Lewis ( AS ) Barcelona
1993 8,70 m (28 ft 6 1 / 2 in) Mike Powell ( USA ) Salamanca
1994 8,74 m (28 ft 8 1 / 8 in) Erick wälder ( USA ) El Paso
1995 8,71 m (28 ft 6 15 / 16) Iván Pedroso ( Cub ) Salamanca
1996 8,58 m (28 ft 1 13 / 16) Erick wälder ( USA ) Springfield
1997 8,63 m (28 ft 3 3 / ​​4) Iván Pedroso ( Cub ) Padua
1998 8,60 m (28 ft 2 9 / 16) James Beckford ( JAM ) Bad Langensalza
1999 8,60 m (28 ft 2 9 / 16) Iván Pedroso ( Cub ) Padua
2000 8,65 m (28 ft 4 9 / 16) Iván Pedroso ( Cub ) Jena
2001 8,41 m (27 ft 7 1 / 8 in) James Beckford ( JAM ) Turin
2002 8,52 m (27 ft 11 7 / 16) Savanté Stringfellow ( USA ) Palo Alto
2003 8,53 m (27 ft 11 13 / 16) Yago Lamela ( ESP ) Castellón de la Plana
2004 8,60 m (28 ft 2 9 / 16) Dwight Phillips ( USA ) Linz
2005 8,60 m (28 ft 2 9 / 16) Dwight Phillips ( USA ) Helsinki
2006 8,56 m (28 ft 1 in) Irving Saladino ( PAN ) Rio de Janeiro
2007 8,66 m (28 ft 4 15 / 16) Louis Tsatoumas ( GRE ) Kalamata
2008 8,73 m (28 ft 7 11 / 16) Irving Saladino ( PAN ) Hengelo
2009 8,74 m (28 ft 8 1 / 8 in) Dwight Phillips ( USA ) Eugene
2010 8,47 m (27 ft 9 7 / 16) Kristen Reif ( GER ) Barcelona

[ sunting ] Seasons Wanita Terbaik (Outdoor)

Tahun Jarak Atlet Tempat
1976 6,99 m (22 ft 11 3 / 16) Siegrun Siegl ( GDR ) Dresden
1978 7,09 m (23 ft 3 1 / 8 in) Vilma Bardauskienė ( URS ) Praha
1979 6.90 m (22 ft 7 5 / 8) Brigitte Wujak ( GDR ) Potsdam
1980 7,06 m (23 ft 1 15 / 16) Tatyana Kolpakova ( URS ) Moskow
1981 6,96 m (22 ft 10 in) Jodi Anderson ( USA ) Colorado Springs
1982 7.20 m (23 ft 7 7 / 16) Valy Ionescu ( RoU ) Bucharest
1983 7,43 m (24 ft 4 1 / 2 in) Anisoara Cusmir ( RoU ) Bucharest
1984 7,40 m (24 ft 3 5 / 16) Heike Drechsler ( GDR ) Dresden
1985 7,44 m (24 ft 4 15 / 16) Heike Drechsler ( GDR ) Berlin
1986 7.45 m (24 ft 5 5 / 16) Heike Drechsler ( GDR ) Tallinn
1987 7.45 m (24 ft 5 5 / 16) Jackie Joyner-Kersee ( USA ) Indianapolis
1988 7,52 m (24 ft 8 1 / 16) Galina Chistyakova ( URS ) Leningrad
1989 7,24 m (23 ft 9 1 / 16) Galina Chistyakova ( URS ) Volgograd
1990 7,35 m (24 ft 1 3 / 8 in) Galina Chistyakova ( URS ) Bratislava
1991 7.37 m (24 ft 2 3 / 16) Heike Drechsler ( GER ) Sestriere
1992 7,48 m (24 ft 6 1 / 2 in) Heike Drechsler ( GER ) Lausanne
1993 7.21 m (23 ft 7 7 / 8) Heike Drechsler ( GER ) Zürich
1994 7.49 m (24 ft 6 7 / 8) Jackie Joyner-Kersee ( USA ) New York City
1995 7,07 m (23 ft 2 3 / 8 in) Heike Drechsler ( GER ) Linz
1996 7.12 m (23 ft 4 5 / 16) Chioma Ajunwa ( NGA ) Atlanta
1997 7,05 m (23 ft 1 9 / 16) Lyudmila Galkina ( RUS ) Athena
1998 7,31 m (23 ft 11 13 / 16) Marion Jones ( USA ) Eugene
1999 7.26 m (23 ft 9 13 / 16) Higa Maggi Maurren ( BRA ) Bogotá
2000 7,09 m (23 ft 3 1 / 8 in) Fiona Mei ( ITA ) Rio de Janeiro
2001 7.12 m (23 ft 4 5 / 16) Tatyana Kotova ( RUS ) Turin
2002 7,42 m (24 ft 4 1 / 8 in) Tatyana Kotova ( RUS ) Annecy
2003 7,06 m (23 ft 1 15 / 16) Higa Maggi Maurren ( BRA ) Milan
2004 7,33 m (24 ft 9 / 16 di) Tatyana Lebedeva ( RUS ) Tula
2005 7,04 m (23 ft 1 3 / 16) Irina Simagina ( RUS ) Sochi
2006 7.12 m (23 ft 4 5 / 16) Tatyana Kotova ( RUS ) Novosibirsk
2007 7.21 m (23 ft 7 7 / 8) Lyudmila Kolchanova ( RUS ) Sochi
2008 7.12 m (23 ft 4 5 / 16) Naide Gomes ( POR ) Monako
2009 7.10 m (23 ft 3 1 / 2 in) Brittney Reese ( USA ) Berlin
2010 7.13 m (23 ft 4 11 / 16) Olga Kucherenko ( RUS ) Sochi

[ sunting ] Nasional catatan

  • Sebagai Mei 2010.

[ sunting ] Pria

Bangsa Jarak Atlet Tempat Tanggal
Amerika Serikat 8,95 m (29 ft 4 3 / 8) Mike Powell Tokyo 1991-08-30
URS /
ARM
8,86 m (29 ft 13 / 16 in) Robert Emmiyan Tsakhkadzor 1987-05-22
PAN 8,73 m (28 ft 7 11 / 16) Irving Saladino Hengelo 2008-05-24
Anak 8,71 m (28 ft 6 15 / 16) Iván Pedroso Salamanca 1995-07-18
GRE 8,66 m (28 ft 4 15 / 16) Louis Tsatoumas Kalamata 2007-06-02
JAM 8,62 m (28 ft 3 3 / ​​8 in) James Beckford Orlando 1997-04-05
ESP 8,56 m (28 ft 1 in) Yago Lamela Turin 1999-06-24
APK 8,54 m (28 ft 1 / 4 in) Lutz Dombrowski Moskow 1980-07-28
AUS 8,54 m (28 ft 1 / 4 in) Mitchell Watt Stockholm 2010-07-29
RSA 8,50 m (27 ft 10 5 / 8) Godfrey Mokoena Madrid 2009-07-04
KSA 8,48 m (27 ft 9 7 / 8) Mohamed Salman Al-Khuwalidi Sotteville 2006-07-02
ITA 8,47 m (27 ft 9 7 / 16) Andrew Howe Osaka 2007-08-30
RUS 8.46 m (27 ft 9 1 / 16) Leonid Voloshin Tallinn 1988-07-05
SEN 8.46 m (27 ft 9 1 / 16) Cheikh Tidiane Touré Bad Langensalza 1997-06-15
Yug 8.45 m (27 ft 8 11 / 16) Nenad Stekić Montreal 1975-07-25
GHA 8.43 m (27 ft 7 7 / 8) Ignisious Gaisah Roma 2006-07-14
FRA 8.42 m (27 ft 7 1 / 2 in) Salim Sdiri Pierre-Bénite 2009-06-12
BAH 8,41 m (27 ft 7 1 / 8 in) Craig Hepburn Nassau 1993-06-17
BRA 8.40 m (27 ft 6 11 / 16) Douglas de Souza Sao Paulo 1995-02-15
SLO 8.40 m (27 ft 6 11 / 16) Gregor Cankar Celje 1997-05-18
CHN 8.40 m (27 ft 6 11 / 16) Lao Jianfeng Zhaoqing 1997-05-28
MAR 8.40 m (27 ft 6 11 / 16) Yahya Berrabah Beyrouth 2009-10-02
RoU 8,37 m (27 ft 5 1 / 2 in) Bogdan Tudor Bad Cannstatt 1995-07-09
POR 8.36 m (27 ft 5 1 / 8 in) Carlos Calado Lisboa 1997-06-20
UKR 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Sergey Layevskiy Dnepropetrovsk 1988-07-16
Romawi Shchurenko Kiev 2000-07-25
GBR 8,35 m (27 ft 4 3 / 4) Christopher Tomlinson Paris 2011-07-08
TWN 8,34 m (27 ft 4 3 / 8) Nai Huei-Fang Shanghai 1993-05-14
Ven 8,34 m (27 ft 4 3 / 8) Victor Castillo Cochabamba 2004-05-30
BUL 8.33 m (27 ft 3 15 / 16) Ivaylo Mladenov Seville 1995-06-03
BLR 8.33 m (27 ft 3 15 / 16) Aleksandr Glovatskiy Sestriere 1996-08-07
EGY 8,31 m (27 ft 3 3 / ​​16) Hatem Hassine Moursal Oslo 1999-06-30
HUN 8.30 m (27 ft 2 3 / 4 in) László Szalma Budapest 1985-07-07
AUT 8.30 m (27 ft 2 3 / 4 in) Andreas Steiner Innsbruck 1988-06-04
Zim 8.30 m (27 ft 2 3 / 4 in) Ngonidzashe Makusha Des Moines 2008-06-12
MRI 8,28 m (27 ft 2 in) Jonathan Chimier Athena Agustus 2004
POL 8,28 m (27 ft 2 in) Grzegorz Marciniszyn Mals 2001-07-14
NGR 8,27 m (27 ft 1 9 / 16) Yussuf Alli Lagos 1989-08-08
BOT 8,27 m (27 ft 1 9 / 16) Gable Garenamotse Rhede 2006-08-20
ALG 8,26 m (27 ft 1 3 / 16) Issam Nima Zaragoza 2007-07-28
CZE 8,25 m (27 ft 13 / 16 in) Milan Mikuláš Praha 1988-07-16
MDA 8,25 m (27 ft 13 / 16 in) Sergey Podgainiy Kishinyov 1990-08-18
JPN 8,25 m (27 ft 13 / 16 in) Masaki Morinaga [13] Shizuoka 1992-05-05
BEL 8,25 m (27 ft 13 / 16 in) Erik Nys Hechtel 1996-07-06
DEN 8,25 m (27 ft 13 / 16 in) Morten Jensen Göteborg 2005-07-03
NAM 8,24 m (27 ft 7 / 16 in) Stephan Louw Germiston 2008-01-12
CRO 8,23 m (27 ft 0 in) Siniša Ergotić Zagreb 2002-06-05
BER 8.22 m (26 ft 11 5 / 8) Tyrone Smith Mayaguez 2010-07-26
FIN 8.22 m (26 ft 11 5 / 8) Tommi Evilä Göteborg 2008-06-28
SWE 8.21 m (26 ft 11 1 / 4) Mattias Sunneborn Malmo 1996-06-27
KOR 8.20 m (26 ft 10 13 / 16) Kim Deok Hyun Beograd 2009-07-12
NED 8.19 m (26 ft 10 7 / 16) Emiel Mellaard Groningen 1988-07
KAZ 8.16 m (26 ft 9 1 / 4) Sergey Vasilenko Alma Ata 1988-06-18
Qat 8.13 m (26 ft 8 1 / 16) Abdulrahman Al-Faraj Nubi Manila 2003-09-21
EST 8.10 m (26 ft 6 7 / 8) Erki Nool Götzis 1995-05-27
PER 8.10 m (26 ft 6 7 / 8) Jorge McFarlane Sucre 2009-11-23
UZB 8.10 m (26 ft 6 7 / 8) Aleksandr Pototskiy Bryansk 1992-06-04
IND 8,08 m (26 ft 6 1 / 8 in) Amrit Pal Singh New Delhi 2004-03-15
TUR 8,08 m (26 ft 6 1 / 8 in) Mesut Yavas Istanbul 2000-06-24
NZL 8,05 m (26 ft 4 15 / 16) Bob Thomas Whangarei 1968-01-20
LAT 8,05 m (26 ft 4 15 / 16) Juris Nada Moskow 1983-06-21
THA 8,04 m (26 ft 4 9 / 16) Supanara Sukhasvasti Banglore 2010-06-05
PHI 7,99 m (26 ft 2 9 / 16) Henry Dagmil Eagle Rock 2008-06-07
ISR 7,99 m (26 ft 2 9 / 16) Yochai Halevi Tel Aviv 2010-05-15
VIE 7,90 m (25 ft 11 in) Nguyen Ngoc Quan Hanoi 1997-05-02
MAS 7,88 m (25 ft 10 1 / 4) Josbert Tinus Bangkok 2007-10-05
INA 7,85 m (25 ft 9 1 / 16) Agus Reza Irawan Jakarta 1995-09-21
UEA 7,79 m (25 ft 6 11 / 16) Mousbeh Ali Said Latakia 1992-09-06
SIN 7,62 m (25 ft 0 in) Matius Goh Yujie Vientiane 2009-12-05
BHR 7,47 m (24 ft 6 1 / 8 in) Mohamed Imam Bakhash Manama 2003-10-16
LAO 7.20 m (23 ft 7 7 / 16) Phouphet Singbandith Norwalk 1990-05-07
AFG 7,05 m (23 ft 1 9 / 16) Mohammed Anwar Kabul 1940
Bru 7,04 m (23 ft 1 3 / 16) Daniel Chung Kota Kinabalu 1993-08-07
Jey 6,89 m (22 ft 7 1 / 4) Jeff Ross Guernsey 2011-06-11

[ sunting ] Panjang melompat pada mata uang

Trek dan lapangan peristiwa telah dipilih sebagai motif utama dalam banyak kolektor koin '. Salah satu contoh terbaru adalah 10 € Yunani Langsung koin peringatan Panjang , dicetak pada tahun 2003 untuk memperingati Olimpiade 2004 . Bagian depan dari koin menggambarkan seorang atlet modern di saat ia menyentuh tanah, sementara atlet kuno di latar belakang ditampilkan saat mulai dari melompat, karena ia terlihat pada vas berwarna hitam-tokoh abad ke-5 SM.

[ sunting ] Referensi

  • Stephen G. Miller, Atletik Yunani Kuno. New Haven: Yale University Press, 2004.
  1. ^ "USATF - Aturan Kompetisi 2006" . USA Track & . Diperoleh 2006/10/29.

  2. ^ a b c Membungkus, Judith. Olimpiade Kuno Games. University of Texas Pres. ISBN 0-292-77751-5 .

  3. ^ "Kuno Origins" . Times / The Sunday . Diperoleh 2006/10/29.

  4. ^ Tricard, Louise Mead (1996/07/01) Amerika Jalur Wanita & Lapangan: A History, 1895 Melalui 1980.. McFarland & Company. hlm 60-61. ISBN 0-7864-0219-9 .


  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t "Kejuaraan Dunia IAAF:. IAAF Statistik Daegu Buku Pegangan 2011." (PDF). Monte Carlo: IAAF Media & Publik Departemen Hubungan. 2011. Halaman 595 hlm, . Diperoleh 18 Oktober 2011.

  6. ^ Marty Posting (25 Agustus 2011). "Setelah 51 tahun, merekam umur panjang Owens 'akhirnya jatuh" . IAAF . Diperoleh 25 Agustus 2011.

  7. ^ Ian Thomsen (4 Agustus 1995). "Lompat Rekam panjang tidak mungkin Diratifikasi" . The New York Times . Diperoleh 8 September 2011.

  8. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z aa ab ac iklan ae af ag ah ai aj ak al "Kejuaraan Dunia IAAF:. IAAF Statistik Buku Pegangan Daegu 2011 ". (PDF). Monte Carlo: IAAF Media & Publik Departemen Hubungan. 2011. Halaman 595 hlm, . Diperoleh 18 Oktober 2011.

  9. ^ Para Atletik Situs: perkembangan dunia rekaman

  10. ^ Panjang Langsung Semua Pria Waktu iaaf.org

  11. ^ Panjang Langsung Semua Perempuan Waktu iaaf.org

  12. ^ Rekor Nasional JAAF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar